Ulasan Film : The Conjuring

Leave a comment

July 31, 2013 by RitVis

Ini film tentang rumah hantu atau kalau menurut masyarakat Indonesia adalah Film tentang ‘Rumah Angker’. Karena rata-rata masyarakat Indonesia sudah terlalu biasa bersinggungan dengan hal-hal klenik, mistis & menyeramkan, maka tema film The Conjuring bukan lagi hal yang aneh untuk penonton film di negara milik Saudagar, Preman & Militer ini.

Kita sudah terlalu biasa mengenal tentang hal-hal seputar Rumah Angker. Mulai dari Rumah Mewah Angker di daerah Pondok Indah, Rumah Kentang, atau Rumah Gurita di Bandung. Tapi gimana dengan Rumah milik keluarga Perron yang berada di Rhode Island ini? Apakah sama seramnya dengan Rumah-Rumah dengan bilik-bilik ‘angker’ di daerah Pasar Kembang Jogjakarta?

Mari kita simak jalan cerita Rumah Angker dalam film The Conjuring yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini….

con4Ed & Lorraine Warren adalah pasangan suami istri yang merintis karir sebagai pasangan paranormal lebih dulu terkenal daripada Ki Kusumo & Cut Memey. Ed & Lorraine adalah pasangan paranormal yang sudah sering menangani berbagai kasus Supranatural yang salah satu kasusnya adalah tentang boneka setan Annabelle.

Roger & Carolyn Perron adalah pasangan suami istri yang baru saja pindah dari New Jersey ke kota kecil Harrisville, Rhode Island. Mereka menempati rumah terpencil dipinggir danau dengan pohon besar yang kalau kita lihat lokasi rumah mereka adalah lokasi yang tempat untuk mempraktekkan metode ‘tempat buang Anak Jin’ Saya masih bertanya-tanya apa motif pasangan itu membeli rumah ditempat terpencil itu? Dari bentuk rumahnya pun sudah memberikan efek angker, ditambah lagi danau disamping rumah yang identik dengan bentuk markas Swamp Thing. Aneh sekali mereka membeli rumah tanpa memikirkan aspek lokasi yang sudah pasti jauh dari Indomaret.

Karena keangkeran Rumah yang cukup di lihat sekali pun kita akan sadar bahwa Rumah itu angker, maka teror demi teror pun akhirnya menghantui Keluarga Perron yang memiliki 5 orang Anak Perawan. Karena teror yang mereka dapatkan semakin jelas bahwa datangnya dari makhluk halus, maka keputusan pun diambil oleh Carolyn Perron untuk segera menyelesaikan masalah keangkeran rumah itu dengan berbagai opsi yang mana adalah opsi tersebut:

1. Memanggil Tim Pemburu Hantu yang dipimpin oleh Ustadz Soleh Pati.
2. Memanggil Ghostbusters.
3. Memanggil Kak Seto & Komnas Anak, untuk menuntut Setan agar tidak mengganggu anak di bawah umur.
4. Memanggil Ed & Lorraine Warren.

Roger & Carolyn Perron adalah tipikal masyarakat barat yang terdidik dengan budaya jarang bersinggungan dengan Agama, maka pilihan yang mereka ambil adalah memanggil Ed & Lorraine Warren untuk melihat apa yang kira-kira terjadi di rumah mereka. Menelisik atau menelusuri kejanggalan dengan metode Ed & Lorraine Warren jelas berbeda dengan metode yang dipakai oleh Pak Leo atau Harry Panca. Ed & Lorraine adalah Demonologist Independent. Ed adalah pengusir setan yang diakui Vatican meskipun dia bukan dari lingkungan Gereja, sedangkan Lorraine adalah seorang Cenayang yang mempunyai andil besar dalam pemecahan masalah Supranatural. They always go hand in hand to solve all the mysteries.

con2Dengan memasang peralatan kamera & Thermostat yang dipasang disetiap sudut rumah, Ed & Lorraine mulai mengumpulkan fakta & bukti bahwa rumah keluarga Perron memang berhantu & angker. Cuma perbedaannya adalah saat hantu yang ditunggu itu menampakan wujudnya, tidak ada orang yang melambaikan tangan ke arah kamera karena tidak sanggup meneruskan proses Uji Nyali.

Setelah menelisik lebih jauh di Rumah Keluarga Perron, Ed & Lorraine Warren menemukan fakta bahwa rumah tersebut memang dikangkangi oleh kekuatan jahat dari arwah mantan penyihir bernama Betsheba. Kronologis keangkeran rumah itu terjadi setelah Betsheba mengorbankan anaknya yang masih berusia 7 hari di perapian, setelah itu Betsheba memutuskan untuk menggantung dirinya sebagai bukti cintanya kepada setan. Sebelum mampus Betsheba mengutuk bahwa siapapun penghuni rumah itu harus ikut mati. Lalu dengan cara merasuki tubuh Carolyn Perron, Betsheba mencoba membunuh semua anak Keluarga Perron.

con1Ketika Betsheba berhasil masuk kedalam raga Carolyn Perron & hampir membunuh 2 anak Keluarga Perron, Ed Warren harus memutuskan melakukan pengusiran setan walaupun dia belum mendapat sertifikasi halal untuk Exorcism dari Vatican.

Sekarang kita sampai kepada kesimpulan apakah Film ini bagus atau tidak? Seram atau tidak? Apakah Film Genre Horror ini berbeda dari Film-film yang sudah ada?

The Conjuring adalah Film Horror yang bagus. Sang Sutradara Film ini, James Wan tau benar bagaimana meramu kengerian lewat unsur kaget. James Wan berhasil meramu Film Horror dengan atmosfer plot yang khas seperti Film Horror lawas, materi-materi yang memiliki unsur kaget seperti permainan petak umpet ala barat, ruang bawah tanah misterius, danau misteri & bahkan music box untuk memanggil makhluk gaib. James Wan memakai semua referensinya akan Film Horror untuk membuat Film Horror yang diinginkannya. James Wan membuat Film Horror untuk membuat orang takut, sedangkan disini Produser Film Horror membuat film Horror bukan untuk membuat orang takut tapi malah membuat orang muntah walaupun hanya melihat poster filmnya saja.

con3Tujuan menonton Film Horror adalah untuk ditakuti-takuti, ada Adrenaline yang menantang untuk melihat seberapa besar kita bisa menghadapi rasa takut yang muncul karena Visual Gambar yang menyeramkan atau mengganggu. Semua Penggemar Horror selalu ingin melihat sampai batas maksimal mana mereka bisa menghadapi rasa takut. Ada harapan supaya Film Horror yang mereka tonton itu benar-benar menakutkan & membuat mereka merasa terganggu untuk berada sendirian. Film ini mencoba untuk memberikan rasa takut itu. Tapi ternyata semua yang ditampilkan di The Conjuring belum cukup memberikan rasa takut & menghantui yang cukup lama. The Conjuring memang film yang bagus, sinematografinya, jalan ceritanya semua bagus. Tapi untuk disebut sebagai Salah Satu Film Horror Menyeramkan Sepanjang Masa sepertinya masih belum cukup seram & belum berhasil buat saya takut.

Walaupun ini berdasarkan kisah nyata, tapi kalau cuma mau ditakut-takuti tentang kisah nyata tentang rumah berhantu pun di rumah keluarga saya banyak yang lebih seram & berhantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: